14 Juni 2007

KIAT MENDAPATKAN PEKERJAAN

. 14 Juni 2007

Melamar pekerjaan bisa disebut hal yang gampang-gampang susah. Ada pelamar yang hanya mengirimkan satu surat lamaran, kemudian dipanggil wawancara dan langsung diterima bekerja, sebaliknya ada pelamar yang sudah mengirimkan puluhan surat lamaran dan sudah dipanggill untuk wawancara berkali-kali namun tidak kunjung diterima bekerja.
Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian para pencari kerja agar mampu memenangkan kompetisi dalam mencari pekerjaan, yang diantaranya sebagai berikut:
1. Pemahaman terhadap proses pencarian kerja, bahwa itu adalah identik dengan mempromosikan diri dengan talenta yang dimiliki dan pasti membutuhkan waktu serta memerlukan kesabaran.
2. Perlunya mengenali minat, bakat, nuali hidup, kebutuhan dan kebiasaan untuk digunakan jenis pekerjaan serta ditindaklanjuti dengan memutuskan tujuan karir.
3. Menyiapkan dokumen yang diperlukan untuk melamar.
4. Memperluas jaringan untuk memperbanyak kesempatan.
5. Mengenali perusahaan untuk menghindari kekecewaan.
6. Melamar dan menghadapi wawancar dengan persiapan matang.
7. Mengevaluasi proses mencari pekerjaan untuk memperbaiki jikalu ada langkah yang belum tepat dan menjadi penyebab kegagalan.
Memang benar, tidak senmua orang bisa memahami apa sebenarnya yang dperlukan dalam mencari pekerjaan, sehingga saat gagal mendapatkan pekerjaan, yang ada hanya frustasi tanpa mau mengevalusi ada apa dengan kegagalan ini?
Saya sepakat dengan artikel ini bahwa melamar pekerjaan itu butuh waktu dan kesabaran, sebab sebagaimana kita ingin cepat bekerja dan memperoleh apa yang kita inginkan, begitu pula pihak perusahaan. Perusahaan pasti juga ingin mendapatkan karyawan yang memenuhi target yang dipersiapkan dan bukan hal yang mudah untuk mendapatkan karyawan yang memenuhi target yang dipersiakan dan bukan hal yang mudah untuk mendapatkan sosok yang tepat.
Ketujuh langkah diatas bisa menjadi tambahan pertimbangan bagi pencari kerja, perlu diingat mencari kerja adalah suatu usaha, dan setaip usaha pasti ada hasilnya asalkan kita mau sabar dan berdoa.

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13