13 Juli 2009

Inikah Calon Pengganti Avanza-Xenia?

. 13 Juli 2009


Diam-diam, dua pabrikan asal Jepang, Toyota dan Daihatsu akan kembali bekerja sama guna meluncurkan varian MPV baru pada 2009. Kabarnya mobil ini akan menjadi generasi penerus Avanza di Indonesia. Benarkah demikian?

Toyota berencana mengeluarkan Multi Purpose Vehicle (MPV) terbaru di 2009. Mobil berdesain tiga baris penumpang ini akan diperkenalkan kepada publik Jepang. Toyota menamakan MPV tersebut, Toyota Passo, sedangkan Daihatsu memberikan nama Daihatsu Boon.

Untuk pasar Jepang, mobil ini akan dipasarkan dengan mesin 1.5 liter 3SZ-VE yang mempu mengeluarkan tenaga 109 PS di putaran mesin 6.000 rpm. Namun untuk segmen pasar ASEAN, kedua mobil akan muncul dengan mesin 1.3 liter. Mirip Avanza bukan?



Bila dilihat dari tarikan garis body, baik Passo maupun Boon pada penampilan mukanya mirip Toyota Vios. Headlamp hampir menyerupai Daihatsu Sirion. Dimensi body juga mirip Toyota Kijang Innova. Di belakang, desain lampu rem mobil tersebut mengingatkan kita akan lampu rem Daihatsu Taruna yang besar dan memanjang ke atas.

Mengenai interior, karena jenisnya MPV, maka mobil ini memiliki tiga baris kursi yang jarak di antara ketiganya cukup lebar. Baris pertama bisa diisi oleh pengemudi dan satu penumpang dewasa. Baris jok kedua mampu menampung tiga orang dewasa, atau setidaknya dua orang dewasa dan satu anak. Pada baris ini, headrest juga di buat tiga buah.

Sedangkan di baris jok terakhir, bisa saja diisi tiga orang juga, namun tampaknya akan lebih nyaman jika hanya dua orang dewasa. Hal tersebut mengingat fungsionalitas mobil MPV yang rata-rata digunakan untuk transportasi jarak jauh, misalnya acara mudik pulang kampung.

Luas bagasi belakang diperkirakan mencapai 1045 mm, dengan tinggi 858 mm. Namun kapasitas akan menjadi 1330 mm jika jok baris kedua dan ketiga dilipat hingga rata dengan asal kabin. Perlu diingat juga, ban cadangan mobil tersebut letaknya sedikit mencuat kepermukaan bagasi.

Sebagai sarana hiburan, Toyota sudah menyediakan DVD player di mobil dengan panjang 4,1m, lebar 1,6m, dan tinggi 1,6m ini. Sayangnya, optional tersebut hanya untuk market Jepang. Kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia.


Toyota

Model Passo
Driving Type 1000cc is available in both 2WD & 4WD
1300cc is available in 2WD only
Steering Position Right Hand Drive (on the right side of car)
Transmission Type Automatic gear
Fuel Gasoline ( Petrol )
Passenger Capacity 5
Engine Capacity 1000cc . also available in 1300cc
Engine Type DOHC
Number of Doors 5


Daihatsu

Model Boon
Driving Type 1000cc is available in both 2WD and also 4WD
1300cc is available in 2WD only
Steering Position Right Hand Drive (on the right side of car)
Transmission Type Available in Automatic gear
Fuel Gasoline ( Petrol )
Passenger Capacity 5 persons
Engine Capacity Available 1000cc & 1300cc
Engine Type DOHC
Number of Doors Available in 5 doors

2 Komentar:

Ita mengatakan...

aku mau dibelikan, satu aja yah

Anonim mengatakan...

berapa kira2 harganya?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13