26 Maret 2010

Themes BlackBerry

. 26 Maret 2010

Saat menggunakan BlackBerry (BB), banyak orang yang tidak menyadari bahwa ada bagian dari ponsel pintar itu yang dapat digunakan untuk mencari duit. Yang dimaksud bagian itu bukan fungsi BB yang seakan-akan menjadi sekretaris pribadi untuk mengingatkan jadwal meeting, mengirimkan dokumen kantor untuk kolega lewat e-mail, atau menggarap materi presentasi. Namun, membuat themes dan aplikasi untuk jutaan pengguna BB di seluruh dunia. "Pekerjaan" itu dapat menambah jumlah dana di rekening pribadi. Sayang, itu masih belum disadari banyak orang.

"Pengguna BB selalu keluar duit, baik untuk membeli BB dan layanan BB. Padahal, banyak kesempatan untuk menjadikan BB menghasilkan pendapatan," ujar founder idberry.com Deddy Avianto di sela-sela acara One Day Workshop BB di Surabaya Town Square, Surabaya Minggu (14/03). ''Sudah saatnya Indonesia mengekspor untuk memenuhi kebutuhan pengguna BB di seluruh dunia.''

Yang dimaksudkan Deddy adalah mendesain themes maupun aplikasi BB, kemudian menjualnya lewat situs online yang bisa diakses secara global. Jika produk unik, lain daripada yang lain, maupun memiliki fungsi lebih, peminat akan semakin banyak. Otomatis, penghasilan pembuat-penjualnya bertambah.

Deddy sudah lama berkecimpung dengan BlackBerry, tepatnya pada awal BlackBerry Internet Service (BIS) diperkenalkan di tanah air. Bapak tiga anak itu juga pendiri komunitas BB pertama di Indonesia, yakni id-blackberry. Karena itu, dia memiliki julukan dadberry.

Sekitar sembilan bulan lalu, pria yang pernah berkecimpung di dunia advertising tersebut membentuk komunitas yang khusus membahas tip dan trik membuat themes BB dan potensi bisnis di bidang tersebut. Dengan kata lain, idberry mengajari seseorang untuk membuat themes BB. ''Buatnya gampang-gampang susah. Sekitar 15 menit bisa sudah jadi satu themes. Yang susah adalah membuat desain themes itu.''

Mobile site idberry yang merupakan tempat berkumpulnya creator themes BB juga menyediakan sangat banyak themes gratis untuk diunduh anggotanya. Apabila jumlah download satu jenis themes mencapai 100 kali per satu minggu, secara otomatis Deddy akan membantu menjualnya melalui mobihand.com. ''Awalnya, saya juga iseng membuat themes dan memuatnya di salah satu forum BB, yakni crackberry. Suatu hari, saya dapat e-mail dari mobihand.com yang menawarkan untuk menjual themes di situs mereka. Saya terima dan sejak saat ini sudah ada sekitar 100 themes dari idberry yang dijual di sana.''

Menurut dia, siapa saja bisa menjadi creator themes BB. Mulai anak SMA hingga opa-opa. Duit yang dihasilkan juga lumayan. Satu themes bisa dihargai hingga USD 7 (sekitar Rp 66.000) per satu kali unduh. Setelah dikurangi biaya administrasi dan sejenisnya, keuntungan bersih yang didapatkan USD 3-USD 5 (sekitar Rp 28 ribu- Rp 48 ribu) sekali pengunduhan.

Themes BB yang sering dibuat adalah wallpaper, animasi, ikon BB, maupun efek. ''Untuk ring tone, biasanya terkait dengan hak cipta penyanyi sehingga hal itu agak sensitif,'' jelas pria yang energik tersebut.

Mobile site yang dia ciptakan juga menjalin kerja sama dengan sejumlah korporasi untuk membuat konten yang bisa dipakai para pengguna BB. Misalnya, mereka menggandeng pabrikan mobil papan atas BMW dan panitia perhelatan Java Jazz. Dalam waktu dekat juga bakal ada artis yang mempromosikan albumnya dengan cara membuatkan themes BB. Untuk kerja sama korporasi, Deddy mematok harga mulai Rp 20 juta untuk placement saja.

Cara tersebut, menurut dia, merupakan cara promosi yang efektif dari korporasi. Sebab, konten bisa langsung dinikmati pengguna BB dalam jangka waktu yang lama daripada promosi lewat brosur. ''Sebagai gambaran, untuk themes BMW saja, hingga sekarang sudah ada 5.000 orang yang mengunduhnya

Sumber: Jawa Pos

1 Komentar:

Anonim mengatakan...

kak aku mau tanya cara ngirim themes ke pembeli itu gimana???

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13