26 September 2010

Hasil F1 Singapura 2010

. 26 September 2010
0 Komentar

Pertarungan sengit balapan jet darat seri Singapura mslsm ini benar-benar seru dan menegangkan. Balapan yang menyelesaikan 61 lap malam ini akhirnya dimenangkan oleh Fernando Alonso. Memimpin sejak start pertama dan dibuntuti oleh Sebastian Vettel membuat Alonso harus bekerja keras untuk menaklukkan sirkuit Marina Bay Singapura ini.

Lewis Hamilton lagi-lagi harus menelan pil pahit. Pembalap Inggris ini harus keluar dari race setelah mobilnya bertabrakan dengan mobil Mark Webber pada lap ke 30

Berikut Hasil F1 Singapura 2010

1. Fernando Alonso Ferrari
2. Sebastien Vettel RBR-Renault
3. Mark Webber RBR-Renault
4. Jenson Button McLaren-Mercedes
5. Nico Rosberg Mercedes Benz GP Ltd
6. Rubens Barrichello Williams-Cosworth
7. Robert Kubica Renault
8. Felipe Massa Ferrari
9. Adrian Sutil Force India-Mercedes
10. Nico Hulkenberg Williams-Cosworth
11. Vitaly Petrov Renault
12. Jaime Alguersuari STR-Ferrari
13. Michael Schumacher Mercedes Benz GP Ltd
14. Sebastien Buemi STR-Ferrari
15. Lucas di Grassi Virgin-Cosworth
16. Heikki Kovalainen Lotus-Cosworth out)
17. Timo Glock Virgin-Cosworth (out)
18. Nick Heidfeld BMW Sauber (out)
19. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes (out)
20. C. Klien HRT-Cosworth (out)
21. Kamui Kobayashi BMW Sauber-Ferrari (out)
22. Bruno Senna HRT-Cosworth (out)
23. Jarno Trulli Lotus-Cosworth (out)
24. Vitantonio Liuzzi Force India-Mercedes (out)

25 September 2010

Hasil Kualifikasi F1 Singapura 2010

. 25 September 2010
0 Komentar

Red Bull-Renault pamer kekuatan di Marina Bay, sinyal ancaman Red Bull kepada para rival mereka ditunjukkan setelah kemaren (24/9) berhasil menjadi yang tercepat disesi latihan. Mereka terus menunjukkan keperkasaan dalam lomba di sirkuit lambat. Sebelumnya mereka mendominasi di sirkuit sejenis di Hungaria dan Monaco.

Paket pengembangan Ferrari dalam beberapa seri terakhir memang mengagumkan. Mereka berhasil menetralkan kelebihan Red Bull yang awalnya superior di sirkuit lambat dengan mengandalkan flexi wing dan blown diffuser.

Namun, Alonso juga punya handicap. Itu terkait dengan jatah mesinnya (delapan mesin) yang habis. Dia akan kena penalti sepuluh posisi start jika mereka kembali menggunakan mesin baru.

Babak kualifikasi hari ini (25/9) Felipe Massa mengalami kerusakan engine. Sedangkan perebutan pole position masih ditempati oleh tim-tim papan atas. dan akhirnya Fernando Alonso menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi hari ini dengan catatan waktu 1:45,390.

Berikut hasil kualifikasi F1 Singapura 2010

1. Fernando Alonso Ferrari
2. Sebastian Vettel RBR-Renault
3. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
4. Jenson Button McLaren-Mercedes
5. Mark Webber RBR-Renault
6. Rubens Barrichello Williams-Cosworth
7. Nico Rosberg Mercedes GP
8. Robert Kubica Renault
9. Michael Schumacher Mercedes GP
10. Kamui Kobayashi BMW Sauber-Ferrari

Tersisih di kualifikasi kedua

11. Jaime Alguersuari STR-Ferrari
12. Nico Hulkenberg Williams-Cosworth
13. Vitaly Petrov Renault
14. Sebastien Buemi STR-Ferrari
15. Nick Heidfeld BMW-Sauber
16. Adrian Sutil Force India-Mercedes
17. Vitantonio Liuzzi Force India-Mercedes

Tersisih di kualifikasi 1

18. Timo Glock Virgin-Cosworth
19. Heikki Kovalainen Lotus-Cosworth
20. Lucas di Grassi Virgin-Cosworth
21. Jarno Trulli Lotus-Cosworth
22. C. Klien HRT-Cosworth
23. Bruno Senna HRT-Cosworth
24. Felipe Massa Ferrari

Membaca Kode Plastik

.
0 Komentar



Plastik sering digunakan dalam kebutuhan rumah tangga karena sifat bahannya yang elastis, ringan, murah dan tidak mudah pecah. Kalau kita perhatikan wadah atau kemasan plastik yang kita beli memiliki simbol-simbol tertentu, misalnya botol susu, ember, tempat air minum, wadah makanan dan sebagainya.
Kode-kode tersebut dikenalkan sejak tahun 1988 oleh The Society of the Plastics Industry, Inc. (SPI) dan diadopsi oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization).
Secara umum tanda pengenal plastik tersebut:
1. Berada atau terletak di bagian bawah
2. Berbentuk segitiga
3. Di dalam segitiga tersebut terdapat angka
4. Serta nama jenis plastik di bawah segitiga

(1) PET / Polyethylene Terephthalate
Tertera logo daur ulang (Gambar panah segitiga) dengan tulisan angka 1 ditengahnya dan tulisan PETE dibawahnya. Hasil produk jenis Polyethylene Terephthalate (PET, PETE) dapat berupa botol atau plastik transparan yang tembus pandang antara lain botol jus, botol air mineral, botol softdrink, dan botol minuman lainnya.
Plastik yang memiliki kode 1 atau PET atau PETE sebaiknya hanya digunakan sekali saja, tidak diperbolehkan digunakan untuk air hangat, apalagi panas. Kalau botolnya sudah tergores sebaiknya dibuang saja. Karena bila terlalu sering digunakan mengakibatkan lapisan polimer dalam botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (zat yang dapat menyebabkan kanker

(2) HDPE/ High Density Polyethylene
Tertera logo daur ulang (gambar panah segitiga) dengan tulisan angka 2 ditengahnya dan dan tulisan HDPE dibawahnya. Hasil produk dari High Density Polyethylene (HDPE) dapat berupa botol yang berwarna putih susu, kantong es, memiliki karakter keras hingga semi fleksibel, permukaannya licin buram, tahan hingga 135 derajat celcius.
Biasanya digunakan untuk galon air minum dan sebagainya. HDPE seperti PTE tetapi lebih tahan terhadap bahan kimia. HDPE juga seperti PTE pengunaannya hanya sekali saja.HDPE tergolong aman digunakan karena memiliki kemampuan mencagah reaksi kimia antara kemasan dengan pangan yang dikemasnya.

(3) V - POLYVINYL CHLORIDE
Tertera logo daur ulang (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya, serta tulisan V -V itu berarti PVC. PVC terdapat dua jenis yaitu Unplasticed Polyvinyl Chloride (UPVC) dan Plasticed Plolyvinyl Chloride (PVC).
Polyvinyl Chloride adalah jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini memiliki karakter kuat, kaku, bening (jenis UPVC) dan fleksibel, jernih, elastis (Jenis PVC). UPVC biasa digunakan pada kabel listrik, pipa, perabotan, botol-botol dan sebagainya. Sedangkan PVC contohnya : selang air, sol sepatu, pelapis kabel, kantung darah, pipa, plastik pembungkus, dan sebagainya.
PVC mengandung DEHA yang dapat bereaksi dengan makanan yang dikemas dengan plastic berbahan PVC. Berhati-hatilah menggunakan plastik pembungkus bertanda PVC. Pasalnya plastik bisa bocor dan menyusup ke dalam makanan yang berminyak bila dipanaskan. Dan, kontak tersebut bisa berpotensi menimbulkan bahaya bagi ginjal dan hati. Karena itu, sebaiknya carilah pembungkus alami seperti daun pisang dan menghindari pembungkus makanan berlambang 3 dan V

(4) LDPE - Low Density Polyethylene
Tertera logo daur ulang (gambar panah segitiga)dengan angka 4 di tengahnya, serta tulisan LDPE dibawahnya. LDPE (low density polyethylene) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic/dibuat dari minyak bumi), memiliki karakter lembut, tembus cahaya, fleksibel.
Biasa dipakai untuk`tempat makanan, plastik kemasan, tempat sampah dan botol-botol yang lembek. Plastik ini dapat didaur ulang, baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat, dan memiliki resistensi yang baik terhadap reaksi kimia.
Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini. relatif aman digunakan untuk jangka panjang.

(5) PP – Polypropylene
Tertera logo daur ulang (gambar panah segitiga) dengan angka 5 di tengahnya, serta tulisan PP dibawahnya. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik, terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi.
Polypropylene biasa digunakan pada bungkus snack, sedotan, perabotan microwave, ketel, bak mandi bayi, tempa makan, dan sebagainya. Bisa digunakan berulang-ulang. tahan terhadap panas. Aman digunakan dalam jangka panjang.
Carilah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan minuman.

(6) PS – POLYSTYRENE
Tertera logo daur ulang (gambar panah segitiga) dengan angka 6 di tengahnya, serta tulisan PS dibawahnya. PS (polystyrene) ditemukan tahun 1839, oleh Eduard Simon, seorang apoteker dari Jerman, secara tidak sengaja.
PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, dan lain-lain. (dapat dijumpai juga dalam kemasan mie instan yang diseduh langsung dengan air). Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan.
Bahan ini harus dihindari, karena selain berbahaya untuk kesehatan otak, mengganggu hormone estrogen pada wanita yang berakibat pada masalah reproduksi, dan pertumbuhan dan system syaraf, juga karena bahan ini sulit didaur ulang. Pun bila didaur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama.

(7) OTHER
Tertera logo daur ulang (gambar panah segitiga) dengan angka 7 di tengahnya, serta tulisan OTHER. Other, terdiri dari 4 jenis yaitu SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene) PC (PolyCarbonate) dan Nylon.
SAN dan ABS merupakan salah satu bahan plastic yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman. Sedangkan Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik Polycarbonate dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga, suku cadang mobil, alat-alat rumah tangga, komputer, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan.

Tips Menggunakan Plastik

Bila kita menemukan kode 1,3,6, dan 7 (PC), sebaiknya tidak digunakan berulang-ulang, sekali saja.

Gunakan plastik yang memiliki kode 2,4,5, dan 7 (hanya SAN dan ABS) untuk menyimpan pangan.

Bila tidak ada kode plastik pada kemasan tersebut, atau bila tipe plastik tidak jelas (misalnya pada kode 7, di mana tidak selamanya berupa polycarbonate), cara terbaik yang paling aman adalah menghubungi produsennya dan menanyakan mereka tentang tipe plastik yang digunakan untuk membuat produk tersebut.

Untuk wadah yang digunakan bayi, sebaiknya pilihlah plastik dengan kode 4 atau 5
Jangan gunakan botol plastik sebagai penyimpan air minum di dalam kulkas. Sehabis minum sebaiknya botol plastik dibuang saja. Bila ingin menyimpan air minum, pakailah botol kaca.

Jangan lupa, penggunaan bahan plastik tidak untuk digunakan di microwave, gunakan bahan keramik atau gelas. Jika terpaksa menggunakan bahan plastik bungkuslah terlebih dahulu makanan dengan daun pisang atau kertas sebelum dibungkus dengan plastik pembungkus ketika akan dipanaskan.

Cegah penggunaan piring dan alat makan plastik untuk masakan. Gunakanlah alat makan berbahan stainless steel, kaca, keramik, dan kayu.

Dan yang perlu diwaspadai adalah kontaminasi zat warna plastik pada makanan. Contohnya kita sering membeli gorengan di pinggir jalan, sering minta sama penjualnya yang panas lalu setelah digoreng langsung dimasukkan ke kantong kresek hitam.

Ternyata zat pewarna hitam ini kalau terkena panas, bisa terurai, terdegradasi menjadi bentuk zat radikal beracun yang berbahaya bagi kesehatan terutama dapat menyebabkan sel tubuh berkembang tidak terkontrol seperti pada penyakit kanker. Jadi mulai sekarang hindarilah menggunakan plastik kresek berwarna hitam untuk makanan, apalagi manakan panas.

(dari berbagai sumber)

19 September 2010

Toyota Prius

. 19 September 2010
0 Komentar

Toyota Motor Corp terus mengembangkan teknologi ramah lingkungan pada sejumlah produknya. Bahkan dalam waktu dekat Toyota akan memperkenalkan enam kendaraan teknologi hibrida baru dan satu bensin-listrik pada 2012.

Toyota menjamin seluruh varian hibrida itu baru. ”Bukan generasi yang sudah-sudah seperti yang telah ada di pasaran
Dia menambahkan, Toyota akan mengenalkan SUV RAV4 listrik, hasil kerja sama dengan Tesla Motors Inc. Mini SUV berpenggerak listrik murni ini pun masuk dalam jajaran rencana keseluruhan pada dekade berikutnya, terutama saat Toyota fokus pada hibrida dan plug-in listrik.

Selain enam model baru dan tambahan RAV4 listrik, Toyota berjanji akan menjual Toyota Prius plug-in pada musim semi 2012. Tiga tahun kemudian atau 2015, Toyota memasarkan kendaraan hidrogen fuel-cell bertenaga listrik.

Kendaraan hidrogen fuel-cell merupakan target Toyota menuju nol emisi, di mana mobil yang memakai teknologi ini sama sekali tak memiliki emisi gas buang yang beracun, karena sisa emisinya berupa tetesan air.

Toyota juga bersiap-siap memproduksi mobil sport hibrida yang pernah tampil di ajang Tokyo Auto Salon Januari lalu. Bahkan sang Presiden Toyota, Akio Toyoda telah memberikan lampu hijau untuk memproduksi secara massal Toyota Gazoo Racing Master of Nurburgring (GRMN) Sport Hybrid.

GRMN Sport Hybrid merupakan penerus MR2. Mobil ini memang ditujukan untuk anak-anak muda di Jepang.

Mesin yang digunakan bertipe V6 dengan kapasitas 3.300 cc yang diletakkan di posisi tengah bodi mobil. Inilah mobil sport berdaya besar namun tetap hemat dalam mengkonsumsi bbm. Memiliki daya hingga 392 HP tapi tetap nyaman untuk dikemudikan di jalanan kota.(vivanews.com)

Hasil MotoGP Aragon Spanyol 2010

.
1 Komentar



Casey Stoner berhasil menjadi yang pertama pada balapan MotoGP seri ke-13 di Sirkuit Motorland Aragon Spanyol, ini merupakan kemenangan kedua pembalap Ducati ini setelah menang di Qatar beberapa waktu lalu.

Start dari posisi pertama Stoer langsung tancap gas meninggalkan Lorenzo dan Hayden, sedangkan Pedrosa start dari posisi ketiga tetapi langsung tercecer di posisi keempat. Dengan susah payah akhirnya dapat finish di posisi kedua.

Pertarungan sengit terjadi dilap akhir antara Lorenzo dan Hayden. Beberapa tngkungan terakhir akhirnya Hayden berhasil mendahului Lorenzo dan akhirnya finish di posisi ketiga.

Berikut Hasil MotoGP Aragon Spanyol 2010
1. Casey STONER Ducati
2. Dani PEDROSA Repsol Honda
3. Nicky HAYDEN Ducati
4. Jorge LORENZO Fiat Yamaha
5. Ben SPIES Monster Yamaha Tech
6. Valentino ROSSI Fiat Yamaha
7. Marco SIMONCELLI San Carlo Honda Gresini
8. Alvaro BAUTISTA Rizla Suzuki MotoGP
9. Marco MELANDRI San Carlo Honda Gresini
10. Aleix ESPARGARO Pramac
11. Hector BARBERA Paginas Amarillas Aspar Racing Team
12. Colin EDWARDS Monster Yamaha Tech 3
13. Hiroshi AOYAMA Interwetten Honda MotoGP
14. Mika KALLIO Pramac Racing Team
15. Andrea DOVIZIOSO Repsol Honda (out di lap terakhir)

18 September 2010

Hasil Kualifikasi MotoGP Aragon Spanyol 2010

. 18 September 2010
0 Komentar




Dani Pedrosa menjaga peluang untuk menjadi yang terbaik dalam seri ke-13 MotoGP di Sirkuit Aragon, Spanyol. Pembalap andalan tim Repsol Honda itu mencatat waktu tercepat dalam sesi latihan kemarin. Tetapi pada sesi kualifikasi hari ini (18/9) Dani Pedrosa menempati posisi ketiga di belakang Casey Stoner dan Lorenzo.

Melihat performa para pembalap hari ini, persaingan di Grand Prix Aragon bakal seru. Apalagi, itu adalah sirkuit anyar bagi para pembalap. Grand Prix Aragon dipilih untuk menggantikan Sirkuit Balatonring, Hungaria, yang tak siap menyambut balapan musim ini. Alhasil, para pembalap harus menemukan setelan yang pas untuk meraih hasil maksimal di Aragon.

Persaingan seru masih akan melibatkan dua pembalap Spanyol, Pedrosa dan Lorenzo. Dalam dua balapan terakhir di Indianapolis dan Misano, Pedrosa berhasil mengungguli rival beratnya itu. Peta perburuan juara pun menjadi seru. Pedrosa kini hanya tertinggal 63 poin dari Lorenzo dengan enam seri tersisa.

Berikut hasil kualifikasi MotoGP Aragon Spanyol 2010

1. Casey STONER Ducati 1'50.115
2. Jorge LORENZO Fiat Yamaha
3. Dani PEDROSA Repsol Honda
4. Nicky HAYDEN Ducati
5. Ben SPIES Monster Yamaha Tech
6. Randy DE PUNIET LCR Honda MotoGP
7. Valentino ROSSI Fiat Yamaha
8. Andrea DOVIZIOSO Repsol Honda
9. Marco SIMONCELLI San Carlo Honda Gresini
10. Hector BARBERA Paginas Amarillas Aspar
11. Colin EDWARDS Monster Yamaha Tech 3
12. Alvaro BAUTISTA Rizla Suzuki MotoGP
13. Aleix ESPARGARO Pramac Racing Team
14. Marco MELANDRI San Carlo Honda Gresini
15. Hiroshi AOYAMA Interwetten Honda MotoGP
16. Mika KALLIO Pramac Racing Team

12 September 2010

Hasil Formula 1 Itali 2010

. 12 September 2010
0 Komentar



Pembalap andalan Ferrari, Fernando Alonso, benar-benar ngotot berupaya mempertahankan peluang merebut gelar juara dunia 2010. Di hadapan para tifosi di Sirkuit Monza, bintang asal Spanyol itu berhasil finish pertama Grand Prix Italia.

Alonso kemarin tampil spektakuler, mencatat waktu terbaik 1 menit dan 21,934 detik. Dia satu-satunya pembalap yang melintasi sirkuit dalam waktu di bawah 1 menit dan 22 detik. Dan hari ini (12/9) Alonso berhasil mengulangnya kembali

Memasuki GP Italia ini, Alonso memang harus meraih hasil sebaik mungkin. Dia sekarang berada di urutan lima klasemen pembalap dengan 141 poin, tertinggal 41 poin dari posisi teratas. Dengan hanya enam lomba tersisa (termasuk GP Italia akhir pekan ini), Alonso memang harus terus meraih hasil terbaik. Sekali saja dia gagal meraup banyak poin, gelar juara dunia 2010 bakal lepas dari jangkauan.

Peluang Alonso untuk mengejar ketinggalan semakin besar, karena dua pimpinan klasemen kemarin gagal meraih posisi start yang baik. Lewis Hamilton, pembalap McLaren-Mercedes yang kini di puncak klasemen, membuat kesalahan diseri kali ini. Pembalap Inggris ini harus keluar dari balap karena menabrak bagian belakang mobil Ferarri dan masuk gravel.

Berikut Hasil Formula 1 Itali 2010

1. Fernando Alonso, Ferrari
2. Jenson Button, McLaren-Mercedes
3. Felipe Massa, Ferrari
4. Sebastian Vettel, Red Bull-Renault
5. Nico Rosberg, Mercedes GP
6. Mark Webber, Red Bull-Renault
7. Nico Hulkenberg, Williams-Cosworth
8. Robert Kubica, Renault
9. Michael Schumacher, Mercedes GP
10. Rubens Barrichello, Williams-Cosworth
11. Sebastien Buemi, Toro Rosso-Ferrari
12. Vitantonio Liuzzi, Force India-Mercedes
13. Vitaly Petrov, Renault
14. Pedro de la Rosa, Sauber-Ferrari
15. Jaime Alguersuari, Toro Rosso-Ferrari
16. Adrian Sutil, Force India-Mercedes
17. Timo Glock, Virgin-Cosworth
18. Heikki Kovalainen, Lotus-Cosworth
19. Sakon Yamamoto, HRT-Cosworth
20. Lucas di Grassi, Virgin-Cosworth
21. Jarno Trulli, Lotus-Cosworth
22. Bruno Senna, HRT-Cosworth (out)
23. Lewis Hamilton, McLaren-Mercedes (out)
24. Kamui Kobayashi, Sauber-Ferrari (out)

Kontroversi Seputar Memori Serangan 11 September

.
0 Komentar

Kemarin(11/9), tepat pukul 08.46 pagi waktu Amerika Serikat (AS) atau sekitar pukul 20.36 WIB (Sabtu malam), seluruh warga Negeri Paman Sam mengenang kembali serangan teror yang merenggut nyawa sekitar 3.000 warga. Pada jam itu, tempat-tempat ibadah di seantero Kota New York, serentak membunyikan lonceng sebagai tanda berkabung.

Pada 2001, tepat pada detik itulah, dua pesawat milik American Airlines yang dibajak militan Al Qaidah menabrak menara kembar World Trade Center (WTC). Pesawat pertama dengan nomor penerbangan 11 menabrak Menara Utara pada pukul 08.46 waktu setempat. Disusul, pesawat kedua dengan nomor penerbangan 175 yang menghantam Menara Selatan pada pukul 09.03 waktu setempat. Dalam hitungan menit, dua serangan lain yang juga melibatkan pesawat terjadi di Pentagon dan Shanksville, Pennsylvania. Pesawat keempat sedianya diarahkan ke Washington DC.

Meski sudah sembilan tahun berlalu, tragedi 11 September alias 9/11 masih terus menuai kontroversi. Berbeda dengan delapan momen sebelumnya, tahun ini peringatan 9/11 jauh lebih banyak dibayangi perdebatan serius dan cenderung politis. Gara-garanya adalah rencana pembangunan Islamic Center yang dilengkapi masjid di dekat Ground Zero, bekas menara kembar WTC berdiri. Lokasi yang lebih dikenal dengan sebutan Park51 itu hanya berjarak dua blok dari bekas bangunan dua menara WTC.

Pro dan kontra pun merebak. Sebagian masyarakat mendukung pembangunan gedung 13 lantai yang bakal didominasi baja dan kaca tersebut. Menurut mereka, pusat studi Islam itu akan semakin mempererat persaudaraan muslim dan nonmuslim di negeri adidaya tersebut. Tapi, sebagian yang lain menolak keras karena khawatir bangunan itu justru akan menebarkan Islamophobia di AS. Salah seorang di antara mereka adalah Pendeta Terry Jones dari Dove World Outreach Center (DWOC), Gainesville, Florida.

Jones bahkan mendeklarasikan 11 September sebagai Hari Pembakaran Alquran Sedunia. Dia berniat membakar kitab suci umat Islam itu tepat pada peringatan 9/11 kali ini. Tapi, rencana itu langsung berbuntut kecaman. Mulai Jenderal David Petraeus yang menjadi panglima militer AS di Afghanistan, Presiden Barack Obama, hingga Menteri Pertahanan Robert Gates mengimbau rohaniwan yang memimpin 50 jemaat itu membatalkan niatnya. Bahkan, Gates menelepon Jones secara langsung.

''Kita harus bisa meyakinkan pada diri kita masing-masing bahwa sebagai sesama warga AS, kita tidak akan saling menyakiti. Kita adalah saudara sebangsa yang percaya kepada satu Tuhan meski kita menyebut-Nya dalam berbagai nama,'' papar Obama, pemimpin 48 tahun tersebut, dalam konferensi pers Jumat malam waktu setempat (10/9) atau kemarin pagi WIB di Gedung Putih, seperti dilansir Agence France-Presse kemarin (11/9).

Kendati demikian, sebagai pemimpin bangsa yang mengagungkan ''demokrasi'', Obama tidak bisa melarang Jones menjalankan rencananya. Apalagi, aksi pembakaran Alquran yang menyulut protes di negara-negara muslim belum terlaksana.

Sempat tersiar kabar, Jones bakal mengurungkan niatnya tersebut. Sebab, kabarnya, salah seorang imam yang terlibat dalam proyek pembangunan Masjid Ground Zero berjanji akan memindahkan pembangunan tempat ibadah itu ke lokasi lain.

''Saya tegaskan dan saya konfirmasikan bahwa tidak akan ada pembakaran Alquran pada pukul 18.00 besok (pagi ini sekitar pukul 06.00 WIB). Saya berani menjamin 100 persen,'' tandas pemimpin evangelis DWOC K.A. Paul di hadapan media kemarin. Bersamaan dengan itu, Jones dikabarkan tiba di Bandara LaGuardia, New York. Rencananya, dia akan bertemu dengan Feisal Abdul Rauf, imam yang memimpin pembangunan proyek Park51.

Jones disebut-sebut akan menegosiasikan aksi pembakaran Alquran dengan pemindahan lokasi masjid. Jones yang memutuskan untuk menunda aksi kontroversial itu bermaksud membatalkan rencananya. Asalkan, Rauf bersedia membatalkan pembangunan dan memindahkan Islamic Center beserta Masjid Ground Zero ke lokasi lain yang tidak berdekatan dengan bekas bangunan menara kembar WTC. Tapi, Rauf bersikukuh untuk tetap membangun bangunan megah itu di Ground Zero.

Imam 62 tahun itu berpatokan pada jaminan dan dukungan Obama atas rencana pembangunan kompleks seluas 9.300 meter per segi tersebut. Beberapa waktu lalu presiden kelahiran Hawaii itu memang memublikasikan dukungannya atas proyek yang dipimpin Rauf tersebut. Saat itu Obama rela dikritik masyarakat AS yang sekitar 78 persen warganya adalah Kristiani. Bahkan, dia sempat diisukan beragama Islam karena mendukung proyek kontroversial tersebut.

Namun, Obama menegaskan bahwa dukungannya terhadap pembangunan Islamic Center dan Masjid Ground Zero itu murni berlandasan toleransi. "Jika Anda bisa membangun sebuah gereja di tempat tertentu, Anda pun bisa membangun sinagoge. Jika Anda diperkenankan membangun kuil Hindu di suatu tempat, di tempat itu pula Anda diperkenankan membangun masjid,'' tandas mantan senator muda Illinois itu dalam pidatonya Jumat malam.(jawapos.com)

Detasemen Khusus 88

.
0 Komentar



Detasemen Khusus 88 Mabes Polri segera berubah struktur. Korps burung hantu itu bertanggung jawab langsung di bawah Kapolri. Densus 88 juga akan dipimpin seorang jenderal berbintang dua. Tinggal menunggu Perpres No 52 Tahun 2010 pertengahan bulan ini.

Berdasar aturan baru itu, Densus tidak lagi ditemukan dalam struktur kepolisian daerah (polda). Mereka akan ditarik ke Mabes Polri dan bertransformasi menjadi sebuah korps seperti Brigade Mobile (Brimob).Di wilayah nanti hanya ada CRT (crisis response team) sebagai pemukul yang sudah dididik di Amerika. Nanti (CRT) ada di bawah Dansat Brimobda (Komandan Satuan Brigadir Mobile Daerah).

Detasemen itu hanya mengurusi pengambilan kebijakan di pusat. Namun, mereka tetap bisa digerakkan jika suatu waktu diperlukan tenaganya di daerah. Menanggapi rencana itu, pengamat kepolisian Noor Huda Ismail menilai secara organisasi, otomatis kerja Densus lebih terkontrol karena satu komando. Tapi, sisi negatifnya, isu terorisme bisa lebih bernuansa politis karena banyak kepentingan bermain dalam tubuh kepolisian.

Yang kedua, pilihan sikap yang cenderung copy dan paste sistem AS, seperti penggunaan istilah asing, bisa berdampak negatif. Bagi para ikhwan, itu jelas menunjukkan adanya pesanan dari Amerika Serikat. Densus harus lebih mengedepankan penegakan hukum yang terbuka, nonrepresif, dan menggandeng pihak-pihak lain. Densus jangan sampai terkesan over duty dalam penanganan terorisme, yaitu prevention, detention, dan post detention.

05 September 2010

Hasil MotoGP San Marino 2010

. 05 September 2010
0 Komentar



Lorenzo masih memimpin klasemen dengan total perolehan poin 271 poin atau unggul 63 poin dari Pedrosa setelah balapan hari ini (5/9) di sirkuit Misano San Marino gagal membendung kedasyatan Honda RC 212V.

Duel seru terjadi antara Valentino Rossi dan Casey Stoner untuk memperebutkan posisi ketiga. Rossi yang start di posisi keempat beberapa kali mencoba melewati Stoner di awal-awal balapan.

Kerja keras Rossi akhirnya membuahkan hasil saat di lap 11 mampu melewati Stoner yang membela Ducati. Rossi akhirnya finish di urutan ketiga. Sedangkan Stoner harus rela berada di posisi kelima setelah juga mampu dilewati Andrea Dovizioso.

Berikut hasil MotoGP San Marino

1. Dani Pedrosa, Repsol Honda
2. Jorge Lorenzo, Fiat Yamaha
3. Valentino Rossi, Fiat Yamaha
4. Andrea Dovizioso, Repsol Honda
5. Casey Stoner, Marlboro Ducati
6. Ben Spies, Tech 3 Yamaha
7. Colin Edwards, Yamaha Tech 3
8. Alvaro Bautista, Rizla Suzuki
9. Hector Barbera, Aspar Ducati
10. Marco Melandri, Honda Gresini
11. Aleix Espargaro, Pramac Ducati
12. H. Aoyama, Interwetten Honda
13. Marco Simoncelli, Honda Gresini
14. Randy de Puniet, LCR Honda
15. Mika Kallio, Pramac Ducati

Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2010

.
0 Komentar

Pedrosa merebut pole position MotoGP San Marino di Sirkuit Misano. Pedrosa membukukan waktu tercepat 1 menit 33,948 detik. Pembalap Repsol Honda itu unggul 0,308 detik dari Lorenzo.

Kemenangan memang tidak menjamin Pedrosa akan menggusur Lorenzo. Bahkan, Lorenzo tetap jadi juara dunia jika selalu finis ketiga meski Pedrosa selalu menang.

Namun, konsistensi Pedrosa yang pekan lalu menang di Indianapolis bakal memberikan tekanan kepada Lorenzo. Sebab, bukan tidak mungkin dalam sisa lomba Lorenzo tertimpa sial sehingga gagal menuai poin. Jika itu terjadi, peluang Pedrosa langsung terbuka.

Bagi Pedrosa, sukses kemarin adalah pole keempat selama musim ini. Bukti bahwa Pedrosa begitu all-out untuk merebut pole position adalah dia baru membukukan catatan waktu tercepat saat sesi kualifikasi tersisa empat menit saja. Lorenzo sempat berjuang untuk mengejarnya. Namun, dia tidak berhasil.

Dominasi Pedrosa di sesi kualifikasi itu merupakan lanjutan dominasi yang ditunjukkannya di sesi latihan sehari sebelumnya. Meski Lorenzo sempat menunjukkan kecepatan di sesi latihan terakhir, Pedrosa mendapat peningkatan yang baik sejak awal kualifikasi.

Lorenzo mengakui kesulitan mengejar catatan waktu Pedrosa saat kualifikasi. Power Honda terbukti menjadi senjata ampuh untuk menaklukkan Misano. Karena itu, Lorenzo menganggap selisih waktu 0,3 detik di kualifikasi sudah cukup baik baginya untuk pertarungan di balapan.

Barisan terdepan start di Sirkuit Misano bakal dilengkapi pembalap Ducati, Casey Stoner. Stoner memperoleh catatan waktu terbaik dengan cukup dramatis. Setelah sempat menguasai awal sesi, dia terjatuh. Ketika kembali lagi ke lintasan, dia masih kompetitif hingga sesi kualifikasi usai.

Sementara itu, jagoan tuan rumah Valentino Rossi harus puas start dari posisi keempat. Baru pulih dari patah kaki kanan dan cedera bahu sepertinya menyisakan hambatan untuk pembalap berjuluk The Doctor itu. Namun, dia tetap tidak bisa diremehkan dalam persaingan juara karena punya pengalaman hebat di Misano. Dalam dua tahun terakhir dia adalah pemenang di sana.

Berikut hasil kualifikasi MotoGP San Marino

1. Dani Pedrosa, Repsol Honda 1 menit 33,948 detik

2. Jorge Lorenzo, Fiat Yamaha 1:34,256

3. Casey Stoner, Marlboro Ducati 1:34,397

4. Valentino Rossi, Fiat Yamaha 1:34,470

5. Ben Spies, Tech 3 Yamaha 1:34,472

6. Randy de Puniet, LCR Honda 1:34,751

7. Colin Edwards, Yamaha Tech 3 1:34,782

8. Andrea Dovizioso, Repsol Honda 1:34,826

9. Marco Simoncelli, Honda Gresini 1:34,934

10. Marco Melandri, Honda Gresini 1:35,018

11. Loris Capirossi, Rizla Suzuki 1:35,096

12. Hector Barbera, Aspar Ducati 1:35,259

13. H. Aoyama, Interwetten Honda 1:35,286

14. Nicky Hayden, Ducati Marlboro 1:35,303

15. Aleix Espargaro, Pramac Ducati 1:35,438

16. Alvaro Bautista, Rizla Suzuki 1:35,629

17. Mika Kallio, Pramac Ducati 1:35,724

04 September 2010

Kabar MotoGP 2010 (10)

. 04 September 2010
0 Komentar

Jelang MotoGP San Marino di Sirkuit Misano

MotoGP 2010 tinggal menyisakan tujuh balapan lagi. Jorge Lorenzo masih berada di puncak klasemen dengan nyaman. Pembalap Fiat yamaha itu unggul 68 poin atas rival terdekatnya, Dani Pedrosa. Akhir pekan ini seri ke-12 MotoGP 2010 akan diselenggarakan di Sirkuit Misano, San Marino. Jorge Lorenzo meraih hasil terburuk musim ini di Indianapolis pekan lalu dengan finis ketiga. Dia tidak punya banyak waktu untuk menganalisis hasil itu

Kondisi tersebut membuat Lorenzo tak perlu merasa terbebani untuk menjalani sisa balapan. Meski baru saja menuai hasil terburuk musim ini dengan finis ketiga di Indianapolis pekan lalu, dia tidak perlu panik. Sebab, jalannya menjadi juara dunia terbuka lebar asalkan dia terus menuai poin dengan naik podium, termasuk akhir pekan ini di Sirkuit Misano.

Dengan asumsi selalu finis ketiga, Lorenzo akan mendapatkan tambahan 112 poin hingga akhir musim. Sedangkan Pedrosa bakal mendapatkan 175 poin jika selalu menang. Jika kondisi itu terjadi, Lorenzo akan menjadi juara dunia dengan keunggulan lima poin (363-358).

Merujuk catatan statistik, naik podium di Sirkuit Misano seharusnya bisa dicapai Lorenzo. Dalam dua kali kunjungannya ke sana di kelas utama, Lorenzo selalu finis kedua. Bahkan, saat tampil di kelas 250 cc, dia menjadi pemenang.

Menjalani dua balapan dalam dua pekan beruntun tentu saja menghadirkan tantangan fisik bagi Lorenzo maupun pembalap lain. Apalagi, lomba MotoGP Indianapolis lalu berlangsung dalam cuaca yang sangat panas. Itu pula yang membuat Lorenzo tidak bisa tampil maksimal. Karena terlalu berhati-hati menghadapi lintasan yang licin, dia akhirnya hanya finis ketiga.

Secara terpisah, Pedrosa tidak mau terbebani nyamannya posisi Lorenzo tersebut. Saat ini pembalap asal Spanyol itu tidak mau terlalu memikirkan peluang menjadi juara dunia. Dia ingin fokus dari satu lomba ke lomba berikutnya.

Motivasi ekstra diusung Valentino Rossi menjelang MotoGP San Marino di Sirkuit Misano akhir pekan ini. Letak Misano yang dekat dengan kota kelahirannya, Urbino, Italia, membuat dukungan fans akan tercurah kepadanya.

Hal itu semakin bermakna karena Rossi mengalami nahas saat kali pertama tampil di depan pendukungnya sendiri. Pada MotoGP Italia awal Juni lalu di Sirkuit Mugello, dia terjatuh saat berlatih hingga kaki kanannya patah. Cedera itu membuatnya absen pada beberapa seri, sehingga peluangnya menjadi juara dunia tertutup.

Dibanding seri-seri setelah dia pulih dari cedera, kondisi Rossi semakin fit. Sebelumnya, karena fisiknya belum terlalu kuat, dia menggunakan seting motor rekan setimnya di Fiat Yamaha, Jorge Lorenzo.

Baru pekan lalu di MotoGP Indianapolis dia bisa "membangun" motor sendiri. Akhir pekan ini, setelah kondisi fisiknya semakin kuat, tentu dia bisa menemukan setingan yang lebih baik untuk motornya. Kombinasi setingan sendiri dan tampil di kandang sendiri itulah yang bisa membuat Rossi tampil hebat akhir pekan ini.

Rossi adalah juara dalam dua kali pergelaran balapan di Misano dua tahun terakhir. Dia mengakui, kekuatan fisik yang dibutuhkan di Misano jauh lebih besar daripada di Indianapolis.

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13