25 Februari 2010

Backfire (mesin nembak) ...

. 25 Februari 2010

Mesin nembak-nembak… mungkin kita pernah mendengar dari mesin mobil atau motor kendaraan lain atau mungkin kita mengalami sendiri pada mesin mobil / motor kita.
“Nembak-nembak” tadi di dunia otomotif disebut dengan istilah Backfire. Backfire terjadi saat mesin bekerja. Bisa terjadi di Intake (jalur masuk udara dan bensin) dan juga di Exhaust (jalur gas buang / knalpot).

Saat ini sudah jarang terjadinya Backfire, dikarenakan umumnya sudah berteknologi injeksi (Electronic Fuel Injection). Sistem EFI memperkecil terjadinya backfire, karena didukung oleh manajemen pengapian dan supply bensin yang baik hingga kontrol emisi yang saling berkaitan.Tetapi, bukan tidak mungkin untuk tetap terjadinya backfire pada mesin injeksi.

Exhaust-Backfire
Yaitu terjadinya ledakan pada jalur keluar / gas buang. Dalam hal ini akan terdengar melalui knalpot. Kalau knalpotnya mempunyai daya redam yang baik, bunyi yang keluar tidak terdengar keras. Exhaust-backfire terjadi akibat bensin yang tidak terbakar di ruang bakar, baru terbakar setelah dibuang ke exhaust manifold (jalur knalpot) yang sangat panas. Ledakan di luar ruang bakar ini menghasilkan bunyi yang keras. Exhaust-backfire biasanya diakibatkan oleh timing pengapian yang salah atau terlambat, sehingga bensin+udara belum sempat dibakar, sudah dibuang ke exhaust yang sangat panas sehingga ledakan terjadi di knalpot. Exhaust-backfire juga bisa disebabkan karena campuran bensin+udara yang tidak baik, sehingga susah bahkan tidak bisa terbakar oleh percikan busi.

Intake-Backfire
Ledakan yang terjadi di intake umumnya terjadi akibat campuran bahan bakar dan udara yang tidak sempurna karena terlalu ‘kurus’ / Lean / miskin. Yaitu kandungan bensin terlalu sedikit berbanding kandungan udara. (idealnya adalah 14.7 butir udara berbanding 1 butir bensin). Karena terlalu sedikitnya bensin dalam campuran yang masuk ke ruang bakar, membuat campuran tersebut sangat lambat, bahkan tidak bisa terbakar oleh percikan busi.

Akibatnya, saat valve (klep) exhaust membuka untuk proses pembuangan,.. panasnya membakar bensin yang tidak bisa / lambat terbakar tadi, ketika panas itu mulai membakar bensin tadi, secara bersamaan valve intake membuka untuk proses hisap menyalurkan campuran bensin+udara baru, hasilnya terjadilah ledakan yang apinya bisa menyulut menyebar sampai ke filter udara dalam sekejap.

Pada kondisi ini, sebenarnya ledakan terjadi juga bersamaan di intake dan exhaust.
Intake-backfire juga bisa terjadi akibat timing pengapian yang terlalu maju. Jadi saat Valve Intake membuka untuk men-supply campuran bensin dan udara, sebelum Valve tersebut menutup.. busi sudah memercikkan api..
Akibatnya, ledakan terjadi tidak di ruang bakar saja, melainkan juga menyebar masuk ke intake manifold hingga ke filter udara.

PENYEBAB BACKFIRE:
• Tekanan bensin rendah: bisa disebabkan oleh filter bensin kotor/mampet, pompa bensin bermasalah, fuel injector kotor/mampet, Fuel Pressure Regulator bermasalah, selang vacuum Fuel Pressure Regulator rusak/sobek.
• Salah urutan pemasangan kabel busi
• Penggunaan busi yang tidak tepat / busi mati.
• Timing pengapian yang tidak tepat.
• Valve Intake bermasalah (nyangkut, bocor)

Sumber: saft7.com

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13