26 Juni 2009

Formula 1 (F1) Batal Pecah

. 26 Juni 2009

Berbahagialah bagi penggemar Formula 1 di seluruh dunia, karena . Setelah pertemuan di Paris, pihak FOTA (asosiasi tim) dan FIA (federasi balap mobil dunia) telah menemukan kesepakatan. dan akhirnya balapan paling bergengsi di dunia ini tidak jadi pecah.

Pertemuan yang dihadiri oleh Luca di Montezemolo (presiden Ferrari dan chairman FOTA), Max Mosley (presiden FIA), dan Bernie Ecclestone (bos komersial F1) sepakat bahwa semua tim akan terus tampil di seri balap ini sampai 2012. Berarti, niatan delapan tim FOTA untuk menyelenggarakan seri balap terpisah tahun depan pun resmi dibatalkan. Berarti, F1 musim 2010 nanti akan diikuti oleh 13 tim. Sepuluh tim yang sekarang sudah tampil, plus tiga tim baru (Team US F1, Manor Grand Prix, dan Campos Grand Prix).

ternyata, pihak FIA yang melunak dalam pertemuan ini. Mosley setuju menghapus aturan budget cap (pembatasan anggaran) untuk musim 2010. Sebagai pengganti adalah proposal penghematan anggaran yang diajukan FOTA. Dalam proposal itu, para pabrikan yang terlibat di FOTA setuju memberikan bantuan teknis kepada tiga tim baru. Sebagai bagian dari kesepakatan ini, dalam dua tahun, tim-tim akan mengurangi ongkos berkompetisi hingga level yang sama dengan di awal 1990-an. Tim-tim pabrikan telah setuju membantu tim-tim baru untuk 2010 dalam hal teknis.

Dalam pernyataan FOTA, tertulis bahwa seluruh tim telah mengakui bahwa FIA adalah badan pengawas F1. Dan tim-tim FOTA tidak akan meremehkan status FIA, setelah Mosley sepakat tidak akan maju lagi menjadi presiden FIA saat tiba waktunya untuk pemilihan ulang, Oktober mendatang. Meski berjanji tampil hingga 2012, tim-tim FOTA menyebut pembicaraan akan berlanjut untuk memperbarui kesepakatan Concorde (kesepakatan komersial antara tim, FIA, dan manajemen F1), supaya tim-tim tetap berkomitmen untuk tampil hingga setelah 2012.

(sumber: harian pagi Jawa Pos)

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13