08 Mei 2010

Kabar Formula 1 (19)

. 08 Mei 2010

Akhir pekan ini, di Grand Prix Spanyol di Sirkuit Barcelona, Red Bull telah bilang akan mengejar hasil sempurna. Dalam babak la­tihan kemarin (7/5) mereka dengan tegas menunjukkan niat tersebut. Tak banyak yang berani menyangkal, Red Bull-Renault memiliki mobil tercepat di awal musim Formula 1 2010 ini. Hanya kesalahan dan nasib yang membuat Sebastian Vettel dan Mark Webber gagal menyapu semua kemenangan di empat lomba pertama.

Kemarin Vettel mencatat waktu tercepat, menjadi satu-satunya pembalap yang mencatat waktu di bawah 1 menit dan 21 de­tik. Mark Webber berada di urutan kedua. Dia mendominasi sesi kedua latihan sebelum dika­lahkan Vettel.

Saking cepatnya, catatan waktu kedua pembalap ini mencapai 0,6 detik lebih baik daripada pembalap-pembalap lain! Padahal, persaingan di belakang keduanya cukup ketat. Catatan waktu McLaren-Mercedes, Ferrari, Mercedes GP, Renault, hingga Force India-Mer­cedes tidaklah terpaut jauh.

Menjelang kualifikasi dan lomba, para pesaing bakal bekerja keras mencoba mencari ja­waban untuk mengejar Red Bull. Salah satunya Mercedes GP, yang akhir pekan ini datang membawa mobil baru yang memukau banyak orang.

Sudah bukan rahasia, Mercedes GP berencana datang dengan mobil yang dimodifikasi habis-habisan. Khususnya dalam hal aerodinamika.

Yang tidak banyak tahu, ternya­ta mereka juga membuat perubahan unik untuk F1. Yaitu, pada bagian airbox, alias lubang udara untuk mesin yang biasanya terletak tepat di atas helm pembalap. Pada mobil baru Mercedes, lu­bang itu di-split ke sisi kiri dan ka­nan punggung mobil. Sedangkan bagian atas helm berubah men­jadi sebuah sirip besar.

Sukses atau tidak, perubahan itu sudah memberikan dampak positif bagi Michael Schumacher. Sang juara dunia tujuh kali itu, untuk kali pertama, tampil lebih meyakinkan dari rekan setimnya yang masih muda, Nico Rosberg. Schumi, julukan Schumacher, selalu lebih cepat pada dua sesi yang kemarin diselenggarakan.

Konsistensi Schumi di dua sesi latihan itu memberikan sinyal positif pada perjalanan comeback-nya di Formula 1. Hal itu sejalan dengan pernyataan sebelumnya, saat mengomentari derasnya tekanan seiring hasil bu­ruk di empat balapan awal.

Sementara itu, McLaren yang pada latihan pertama menguasai posisi 1-2, justru terlempar dari posisi tiga besar. Lewis Hamilton yang menguasai sesi pertama terpuruk ke urutan kelima, sedangkan Jenson Button yang saat ini menempati puncak klasemen sementara tercecer di urutan kesembilan.

Posisi empat ditempati pembalap Ferrari Fernando Alonso. Itu sebuah lonjakan yang baik, karena pada latihan pertama, pembalap tuan rumah yang menjadi juara di Sirkuit Catalunya pada 2006 (bersama tim Renault) itu berada di urutan kedelapan. Juara dunia 2005 dan 2006 itu ber­ada di depan Hamilton.(jawapos.com)

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13