04 April 2010

Hasil Kualifikasi F1 Sepang Malaysia

. 04 April 2010

Sesuai prediksi, hujan mengganggu berlangsungnya Grand Prix Malaysia. Hujan turun- berhenti-turun-berhenti saat babak kualifikasi di Sirkuit Sepang kemarin sore (3/4). Alhasil, urutan start untuk lomba hari ini pun acak-acakan.

Di barisan terdepan, Red Bull-Renault memang kembali berhasil meraih pole position. Menyapu bersih semua posisi terdepan pada tiga seri pertama musim Formula 1 2010. Namun, kali ini bukan Sebastian Vettel yang menempati posisi itu, melainkan giliran Mark Webber.

Pada sesi ketiga dan penentuan kemarin, Webber mengambil keputusan berani. Karena hujan lebat sempat menghentikan sesi terakhir itu, hampir semua pembalap turun mengejar waktu memakai ban full wet. Kecuali Webber, yang nekat menggunakan ban intermediate.

Mula-mula Webber paling belepotan. Tapi, ketika kondisi sirkuit membaik di pengujung sesi, hanya dia yang mampu mencatat waktu cepat. Alhasil, catatan terbaiknya pun sampai 1,3 detik lebih baik daripada posisi kedua yang direbut Nico Rosberg dari Mercedes GP.

''Sebuah kualifikasi yang sangat tricky bagi semua. Tak ada pertanyaan untuk itu. Secara kolektif, kami berhasil mengambil keputusan yang tepat,'' ungkap Webber. ''Kini kami harus mengeksekusi balapan dengan sangat baik. Musim ini kami belum mampu melakukannya sama sekali,'' tambahnya.

Vettel kemarin meraih posisi ketiga, bakal start di baris kedua bersama bintang Force India-Mercedes, Adrian Sutil.

Hujan kemarin terus mengganggu kualifikasi. Pada sesi pertama, hujan deras berlanjut menjadi makin deras. Itu menjadi bencana bagi sejumlah pembalap papan atas, termasuk pasangan Ferrari, Fernando Alonso dan Felipe Massa. Plus Lewis Hamilton dari McLaren-Mercedes.

Mungkin karena terlalu percaya diri, di awal sesi mereka semua memilih berdiam di garasi. Eh, ternyata hujan makin deras. Buntutnya, mereka pun tak mampu mencatat waktu kompetitif dan langsung tereliminasi.

Pemenang GP Australia, Jenson Button, memang lolos ke sesi kedua. Tapi, dia juga melintir keluar lintasan, tak mampu berpartisipasi di sesi kedua dan harus start di urutan 17.

Selesai kualifikasi, mereka yang tersisih menyatakan telah membuat kesalahan besar. Mereka mengatakan terlalu percaya dengan laporan prediksi cuaca di layar monitor.

Kejutan lain sesi pertama: Dua wakil tim baru lolos! Heikki Kovalainen (Lotus-Cosworth) bakal start ke-15, sedangkan Timo Glock (Virgin-Cosworth) di belakangnya.

Sesi kedua juga diguyur hujan, tapi relatif tak ada kejutan. Kecuali Michael ''Schumi'' Schumacher nyaris tereliminasi.

Pada sesi ketiga, baru dua menit berjalan, pengawas lomba harus langsung mengibarkan bendera merah. Sesi harus dihentikan karena kondisi sirkuit terlalu membahayakan. Hujan terlalu deras. Terlalu banyak air di lintasan. ''Kami seperti berenang, bukan mengemudikan mobil,'' aku Sebastian Vettel.

Untung tak berapa lama hujan reda dan air yang menggenang mulai surut. Sesi ketiga itu dilanjutkan. Seperti disebutkan di atas, Webber gambling memakai ban intermediate, yang lain menggunakan ban full wet.

Tentu saja, hasil kualifikasi tersebut akan menawarkan lomba mendebarkan Minggu sore ini (4/4). Apalagi, hujan juga diprediksikan mengganggu lomba. Asal lomba tidak sampai menghentikan lomba di tengah-tengah seperti tahun lalu, balapan seharusnya berlangsung superseru. Bayangkan, Alonso, Massa, dan Hamilton (plus Button) berupaya melejit ke depan!

Alonso mengatakan tak pernah menginginkan hujan. Tapi, karena posisinya buruk, dia pun mengharapkan hujan saat lomba sore ini. ''Ketika hujan, hal-hal aneh terjadi. Lomba yang menyenangkan berubah menjadi lotre,'' ucapnya

Berikut hasil kualifikasi F1 Sepang Malaysia
1. Mark Webber RBR-Renault
2. Nico Rosberg Mercedes Benz GP Ltd
3. Sebastien Vettel RBR-Renault
4. Adrian Sutil Force India-Mercedes
5. Nico Hulkenberg Williams-Cosworth
6. Robert Kubica Renault
7. Rubens Barrichello Williams-Cosworth
8. Michael Schumacher Mercedes Benz GP Ltd
9. Kamui Kobayashi BMW Sauber-Ferrari
10. Vitantonio Liuzzi Force India-Mercedes
11. Vitaly Petrov Renault
12. Pedro de la Rosa BMW Sauber-Ferrari
13. Sebastien Buemi STR-Ferrari
14. Jaime Alguersuari STR-Ferrari
15. Heikki Kovalainen Lotus-Cosworth
16. Timo Glock Virgin-Cosworth
17. Jenson Button McLaren-Mercedes
18. Jarno Trulli Lotus-Cosworth
19. Fernando Alonso Sebastian
20. Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
21. Felipe Massa Ferrari
22. Karun Chandhok HRT-Cosworth
23. Bruno Senna HRT-Cosworth
24. Lucas di Grassi Virgin-Cosworth

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13