23 April 2010

Merawat Wajah Berjerawat

. 23 April 2010

Jerawat biasanya lebih sering muncul pada kulit berminyak. Namun, jika jerawat tumbuh pada kulit kering, lukanya bisa lebih parah, dan cenderung mudah terkena iritasi. Akibatnya, menyebabkan gatal dan kulit yang pecah dan mengelupas di sekitar jerawat.

Untuk mengatasi jerawat pada kulit kering, butuh perawatan khusus agar tidak makin parah.

Tea Tree Oil

Banyak produk perawatan yang tersedia di pasaran mengandung benzoil asam atau asam azelaic, yang bisa memperburuk kondisi jerawat pada kondisi kulit kering. Lebih baik pilih produk perawatan yang bahan dasarnya tea tree oil (minyak pohon teh), karena cukup aman dan tidak terlalu keras untuk kulit kering. Produk berbahan itu juga cukup efektif menangani jerawat, bahkan untuk kulit sensitif.

Departemen Dermatologi, Royal Prince Alfred Hospital di Australia melakukan studi acak dari 124 orang dengan jerawat ringan sampai sedang. Peneliti membandingkan efektivitas dan toleransi dari 5 persen tea tree oil dengan 5 persen krim benzoyl peroksida. Meskipun hasilnya sama dalam menangani jerawat tetapi efek samping benzoyl peroksida lebih tinggi daripada tea tree oil. Efek samping yang timbul seperti kemerahan, rasa perih dan kering.

Krim antibiotik

Krim antibiotik dapat mengurangi jerawat pada permukaan kulit dan yang berada dalam folikel rambut. Krim tersebut memiliki sifat anti-inflamasi, yang membuatnya ideal untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering. Jenis yang paling umum antibiotik adalah clindamycin lotion, eritromisin, dan asam salisilat. Gunakanlah sekali atau dua kali sehari untuk hasil terbaik. Mungkin diperlukan 4-8 minggu sebelum Anda melihat hasilnya.

Obat antibiotik

Jika dua perawatan tersebut tidak bisa mengatasi jerawat atau keadaannya semakin parah, segera periksakan ke dokter kulit. Bisa jadi Anda membutuhkan obat minum berupa obat antibiotik untuk mengurangi bakteri dan melawan peradangan. Tetapi, sebelum mengonsumsinya Anda harus berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. (vivanews.com)

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13