12 April 2010

Memilih Motherboad Komputer

. 12 April 2010


Motherboard merupakan salah satu komponen penting pada perangkat komputer. Motherboard mempunyai peranan sangat penting karena hampir semua hardware menginduk dan terhubung dengan papan sirkuit inilah sebabnya diberinama motherboard atau Mainboard.

Kali ini kami ingin berbagi tips dalam memilih motherboard, ini bisa juga dipakai ketika Anda akan merakit sebuah rangkaian komputer:

1. Kenali soket processor yang didukung oleh motherboard, jika kita punya rencana untuk mengganti processor dikemudian hari dengan yang lebih powerfull, pilih motherboard dengan dukungan soket untuk keluaran processor terbaru, dan pastikan membeli processor jenis yang didukung oleh soket di motherboard.

2. Perhatikan mengenai Chipset, pilih Chipset akan digunakan/digunakan oleh motherboard. Perlu diketahui Chipset sangat menentukan kinerja komputer, karena Chipset merupakan pengatur kendali atas semua hardware yang terhubung dengan motherboard.

3. Mengenai memory, perhatikan jenis memory yang didukung DDR2, DDR3 atau keduanya. Jangan lupa untuk memperhatikan kemaksimalan memory dalam memproses data yang dapat ditangani oleh PC.

4. Jika pada motherboard terdapat Video Onboard, periksa apakah bisa digabung dengan Video Card, jika bisa periksa cek tipe Video Card berapa saja yang dapat di dukung sehingga dapat di gabungkan kinerjanya (Hybrid CrossFire).

5. Pilih port yang lengkap yang didukung oleh motherboard.

6. Jangan lupa untuk mencocokan besarnya motherboard dengan cashing yang kita beli. Ukuran motherboard juga menentukan tataletak port pada motherboard.

7. Pilih motherboard yang benar-benar lengkap dengan perlengkapan tambahannya, misalnya perlengkapan semacam kabel harddisk, sehingga bisa menghemat kantong kita.

Komputer idaman akan Anda miliki jika pemilihan motherboardnya benar-benar tepat. Semoga tips ini bermanfaat.

1 Komentar:

ags mengatakan...

trima kasih mas wat tips nya,.. 'n salam kenal.. :D

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13