18 Desember 2009

Arti Kode dan Perawatan Bearing

. 18 Desember 2009




Coba pelototi angka-angka yang ada di bearing. Ada yang dicetak dipunggung atau di lingkar luat. Yang jelas, bukan kode buntut, tetapi punya makna aka punya arti. Bahkan ditentukan berdasarkan standar ISO(International Standard Organisation).

Misal di laher SKF tertera kode 6301 RSI/C3 MT47. “secara Internasional, angka 6 menyatakan laher itu pake tipe ball bearing(laher model bola). Lalu angka 3 menerangkan seri dimensinya. Angka ini menunjukan 3 hal : diameter, tebal dan tinggi.


Untuk kode contoh diatas, berarti, laher itu berdiameter luar 37mm dan tebal punggung 12mm.

Kemudian angka 01, menunjukan ukuran lingkar dalam laher 12mm. Jika ada laher lain angka ini 00,artinya diameter lingkar dalamnya 10mm, 01 (12mm), 02 (15mm), 03 (17mm), 04 (20mm),dan 05 (25mm).

Rangkaian huruf RS, singkatan dari rubber seal. Artinya, penutup laher yang digunakan pabriknya terbuat dari karet. Andai hurufnya Z, berarti penutup daribahan metal. “Diambil dari symbol Zn, artinya Zinc alias seng”

Nah jika laher dilindungi penutup kiri-kanan, didepan huruf tersebut dicantumkan angka 2. Misalnya 2RS atau 2Z.

Berikut kode C3. Simbol ini menandakan kerenggangan antar pelor dan dinding punggung bagian dalam. “C3 cocok untuk motor harian”.

Makin besar angkanya berarti toleransi kerenggangan antar komponen bearing makin besar pula. Tak heran C3, jika digoyangkan lebih ngoklok dibanding C2.

Angka kerenggangan tsb tercantum dari C2 – C5 tanpa tanda(kosong). Motor dengan putaran mesin tinggi sebaiknya menggunakan laher dengan kerenggangan C5. Salah satu alasannya yaitu di temperatur motor balap jauh lebih tinggi disbanding motor harian, dan ketika suhu memuncak maka bola-bola memuai. Posisi menggelinding jadi pas. Tidak akan macet.

Satuan kerenggangan atau Clearance adalah mikron. 1 mikron sama dengan 1/1000 mm.Nah terakhir, huruf dan angka menunjukan jenis pelumas yang pantas dipakai. Misalnya, kode MT47 seperti pada laher roda. MT singkatan dari Medium Temperatur. Kemampuan pelumas bisa bertahan

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13