09 Desember 2009

Kabar Formula 1 (4)

. 09 Desember 2009

GP Inggris Tetap di Silverstone

Teka-teki seputar masa depan grand prix Inggris dalam kalender Formula 1 2010 akhirnya terjawab kemarin (7/12). Itu terjadi setelah bos F1 Bernie Ecclestone menjalin kesepakatan dengan Sirkuit Silverstone untuk menggelar balapan paling bergengsi tersebut. Tak tanggung-tanggung, Silverstone mendapat kontrak selama 17 tahun atau hingga 2026.

Sebagaimana dilaporkan Autosport dan berbagai media terbitan Inggris, Ecclestone setuju membayar 60 juta pound untuk kontrak selama 17 tahun itu. Total biaya yang diperlukan untuk menggelar balapan di sirkuit legendaris tersebut mencapai 310 juta pound.

"Sebuah pembicaraan yang panjang dan melelahkan. Mereka (Silverstone) seharusnya bisa menyelesaikan ini berbulan-bulan lalu," tutur Eccleston sebagaimana dilansir Autosport.

Sebelumnya, Ecclestone melirik sirkuit Donington Park sebagai tuan rumah GP Inggris mulai 2010. Belakangan, sirkuit itu dicoret dari penyelenggaraan GP Inggris setelah gagal menambah modal untuk melakukan perbaikan. Donington sebenarnya mendapat hak penyelenggaraan pada tahun lalu. Namun, pemilik sirkuit itu gagal mendapat tambahan modal 135 juta pound untuk memenuhi kualifikasi sirkuit F1.

Ecclestone lalu kembali bertemu dengan pemilik Silverstone. Akhirnya, dia memutuskan untuk melanjutkan tradisi GP Inggris di sirkuit itu. British Racing Drivers' Club (BRDC) yang berstatus sebagai pemilik Silverstone tetap bersiap menjalankan GP musim 2010, meski Donington mengklaim memiliki hak untuk menjadi penyelenggara.

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13