18 Desember 2009

TIPS MEMBELI NOTEBOOK

. 18 Desember 2009

Ada banyak sekali faktor yang harus dinilai dari sebuah notebook dan yang pasti, kecepatan bukanlah segala-segalanya. Ada berbagai faktor lain seperti mobilitas, desain/ergonomi, dan juga perlengkapan yang harus mendapatkan penilaian ekstra.

1.PENILAIAN MOBILITAS

Mobilitas merupakan hal yang paling penting dari sebuah notebook. Nilai mobilitas inilah yang menjadikan sebuah notebook unggul dibandingkan dengan PC desktop.

Penilaian mobilitas diukur dari :

• Daya tahan baterai

• Dimensi

• Berat notebook itu sendiri

• Power supply (adaptor).

• Konsumsi daya

• Kemudahan penggantian baterai tanpa tool tambahan seperti obeng juga memberikan nilai tambah.


2. PENILAIAN PERLENGKAPAN

Faktor perlengkapan menilai berbagai feature yang tersedia pada setiap notebook. Faktor eksternal yang dinilai meliputi ketersediaan berbagai jenis konektor dan ukuran layar. Sementara pada faktor internal akan dilakukan penilaian resolusi layar
serta komponen pendukung (memori, hard disk, graphics card). Selain itu, sistem operasi dan software yang tersedia juga ikut dinilai. Beberapa notebook yang menyediakan software tambahan tentunya akan mendapat nilai ekstra. Terakhir, aksesoris tambahan seperti mouse dan kabelkabel juga akan memberikan kontribusi
untuk penilaian perlengkapan ini.


3. PENILAIAN DESAIN / ERGONOMIS

Faktor desain/ergonomi juga tergolong untuk sebuah notebook. Peletakan dan ukuran keyboard yang terlalu besar atau kecil, seringkali mengganggu kenyamanan

Anda saat menggunakannya, terutama ketika sedang berada di perjalanan. Faktor penting yang dinilai di sini adalah pada ukuran keyboard dan juga kenyamanan saat digunakan. Jumlah key khusus yang bisa diprogram juga dapat menjadi nilai tambah. Beberapa faktor lain yang ikut dinilai antara lain: lampu indikator yang mudah terlihat, tombol dan konektor yang mudah diakses beserta deskripsi icon, adanya CD driver maupun recovery disc, serta beberapa faktor ergonomi dan desain lainnya, menyumbangkan nilainya di sini.


4. PENILAIAN KINERJA

Notebook yang kita beli harus mampu menjalankan aplikasi-aplikasi yang umum kita pakai sehari hari. Beberapa software benchmarking bisa membantu kita dalam mengukur kinerja notebook yaitu : MobileMark, SysMark dan 3D Mark.

5. PENILAIAN DOKUMENTASI

Membeli sebuah notebook dapat dikatakan mirip dengan membeli sebuah PC branded. Semuanya sudah terpasang lengkap. Informasi tambahan pada notebook, seperti deskripsi konektor, konfigurasi hardware, cara pengoperasian, sampai troubleshooting seharusnya terdapat pada buku manual. Semakin lengkap informasi yang disediakan pada buku manualnya, tentunya akan semakin tinggi nilai dari dokumentasi.


Sumber : Majalah Chip Edisi September 2005

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13