18 Desember 2009

Kenapa ya kita sering sariawan?

. 18 Desember 2009

Penulis lagi sariawan neh, sering banget lagi.. hehehe…. Makanya posting aja yang berkaitan dengan sariawan kali ini. Setelah jalan-jalan sana-sini cari referensi akhirnya…

Kenapa ya kita sering sariawan?

Sariawan adalah hal yang umum terjadi, dan dapat ditemukan pada berbagai usia mulai dari usia kanak-kanak, remaja, dan dewasa. Namun pada beberapa orang, sariawan lebih sering terjadi dibandingkan dengan orang lainnya. Coba kita cari tahu secara ilmiah, apa yang mungkin menjadi penyebab sariawan pada mulut Anda.

Apa itu sariawan?

Sariawan, atau nama kerennya stomatitis, bisa terjadi di berbagai tempat di rongga mulut, seperti gusi, bibir, serta langit-langit. Penyebab sariawan ada bermacam-macam, yang paling umum pada anak-anak adalah karena trauma seperti tergigit atau karena tersodok benda keras (anak sering memasukkan mainan ke mulut atau menggunakan sikat gigi terburu-buru sehingga melukai mulutnya).
Sariawan seperti ini umumnya cepat sembuh, walaupun tanpa diberi pengobatan. Apabila anda sering sekali mengeluh tergigit bibirnya sehingga muncul sariawan, dokter gigi mungkin perlu melihat posisi gigi anda. Posisi gigi yang tidak sesuai dapat melukai bibir saat proses mengunyah. Ujung gigi yang sangat tajam dapat diasah oleh dokter gigi.

Sariawan yang bandel dan muncul terus.... Pada beberapa orang, sariawan amat sering terjadi, dan disebut stomatitis aftosa rekuren (SAR). Sariawan jenis ini bisa ringan (diameternya kurang dari 1cm) sampai yang berat, umumnya ada beberapa sariawan sekaligus, dan berulang beberapa kali dalam setahun. Sebanyak 20 persen orang diperkirakan menderita SAR. Penyebab SAR sampai sekarang tidak diketahui, namun ada beberapa penyebab yang mungkin, di antaranya :
1. Kurang zat gizi tertentu (umumnya vitamin B12 atau folat, serta zat besi dan anak mungkin mempunyai tanda-tanda anemia).
2. Keturunan, biasanya kedua orangtua juga mempunyai sejarah sariawan yang berulang.
3. Alergi pada jenis makanan tertentu.

Sariawan jenis ini umumnya sembuh dalam waktu 10-14 hari. Penyembuhannya dapat dipercepat dengan pemakaian obat kumur (seperti obat kumur klorheksidin) dan juga terdapat beberapa jenis obat oles/salep untuk stomatitis yang tersedia di pasaran.
Apabila sariawan sangat besar dan sangat sering terjadi, dokter gigi mungkin akan memutuskan untuk melakukan pemeriksaan darah atau alergi untuk mengetahui penyebab SAR ini.

Sariawan yang berhubungan dengan penyakit tertentu, apa sajakah?
Infeksi virus herpes simpleks primer merupakan salah satu penyakit yang dapat terjadi pada anak-anak, umumnya di bawah usia 3 tahun. Infeksi virus ini menyebabkan demam, lemah dan lesu selama 48 jam, dan ditandai dengan kemerahan pada gusi, gusi dan bibir berdarah, serta sariawan yang banyak dan berkelompok.
Infeksi virus ini akan hilang dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari. Penanganan infeksi virus herpes primer ditujukan untuk menghilangkan gejala dan mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan daya tahan tubuh.


Penyebab yang lain

Banyak penelitian menunjukkan jika faktor psikologis, seperti emosi dan stress merupakan faktor penyebab terjadinya sariawan. Selain itu, kondisi lain yg juga menyebabkan memicu terjadinya sariawan adalah :
1. Kekurangan vitamin B, vitamin C, dan zat besi
2. Luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur
3. Luka karena menyikat gigi terlalu keras atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang
4. Alergi terhadap suatu makanan (seperti cabai atau nanas, atau dll)
5. Gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi)
6. Adanya infeksi oleh mikroorganisme

Cara pencegahan :
1. Menghindari kondisi stress
2. Sering mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi
3. Jaga kesehatan atau kebersihan gigi dan mulut
4. Hindari makanan dan obat – obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada rongga mulut
5. Hindari makanan terlalu panas dan pedas

Pengobatan secara alami :
1. 11 kuntum bunga belimbing asam, asam jawa, dan gula merah.. Rebus bersama – sama dengan dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas. Minum pagi dan sore.
2. Berkumur dengan air hangat yang sudah dicampur garam
3. Daun sirih. Dapat dikunyah langsung atau daun direbus terlebih dahulu. Air hasil rebusan setelah disaring dapat diminum. Dalam daun sirih terdapat antioksidan dan pembunuh bakteri sehingga membuat sariawan tidak betah lama – lama.

Kunyit Bisa Menolong :
Kunyit atau dalam bahasa Jawa disebut kunrir, bisa menolong meringankan siksaan sariawan. Bahkan mengonsumsi kunyit bisa mencegah. Caranya gampang, yakni sbb :
1. Ambil sekitar 2 ruas kunyit, lalu parut hingga halus
2. Beri sedikit air putih matang, kira – kira 2 sendok makan
3. Saring dan tambahkan sedikit madu
4. Lalu minum teratur tiga kali sehari. Langkah ini bisa mempercepat penyembuhan sariawan


dari berbagai sumber

14 Komentar:

Anonim mengatakan...

Nice info...

Anonim mengatakan...

alhamduliilah nih dapet info
makasih yah gw coba sarannya

hendry mengatakan...

buat yang sering sariawan. gw ga jamin cara ini 100% ampuh.
tp gw udah coba sekitar 1 bulan dah mendingan. dulu gw sering sariawan
tiap hilang pasti muncul lagi. kadang 2-5 besar2 pula.
coba beli vit C seperti esterC ato apa la. 1 hari cukup minum 1 saja
trus beli obat kumur listerin rasa mint, tiap malam sebelum tidur gosok gigi
dan kemudian kumur dengan listerin sesuai dengan petunjuk.
kurangin makanan pedas dan berminyak.
semoga bermanfaat, dan klo berhasil tolong disebarkan ke yang lain juga. tq

manto mengatakan...

gue sering banget sariawan..dan kalo udah sariawan itu sampe ke lidah jadi mau makan dan ngomong aja terasa sakit dan gw sndri kg tau penyebab dari sariawan..kata temen2 sih bisa karna stress dan ada juga yg bilang kurang vit C padahal udah ke dokter tp kg sembuh juga.gw coba mengkonsumsi minuman suplement you C1000 dan ada perubahan sih..lidah jadi terasa lebih lemes..ya tp itu sdh cukup membantu..

Anonim mengatakan...

gw juga lagi tersiksa oleh sariawan.. sering banget tiap bulan kali begini, bahkan sebulan bisa dua kali.. thanks infonya, beberapa tips udah gw cobain.. tapi mau nambahin juga nih, belakangan kalo lagi diserbu sariawan kayak begini, bisa lebih cepet sembuhnya kalo rajin minum air kelapa ijo yang biasa buat obat.. yah, mudah-mudahan bisa berhasil juga buat yang lain..

Jenh lovers mengatakan...

gw juga ne tersiksa sariawan ldh lebih dr seminggu gak sembuh2 2tempat lagi,,Bikin tersiksa,ngomong sakit,makan juga sakit.
tx infonya gw coba deh

Jenh lovers mengatakan...

gw juga ne tersiksa sariawan ldh lebih dr seminggu gak sembuh2 2tempat lagi,,Bikin tersiksa,ngomong sakit,makan juga sakit.
tx infonya gw coba deh

Anonim mengatakan...

minum jus tomat, sy 2 kali minum jus sudah terasa baikan. coba deh

Lucki Kahendra mengatakan...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

aniesa cuantik mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anonim mengatakan...

~x(

Anonim mengatakan...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

centil indra mengatakan...

Thx infonya,sangat membantu banget..

Nendang Mustopa mengatakan...

Nice info,cos gw jg sering banget sariawan terutama d lidah nyiksa banget,mau makan aja susah sakit banget

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13