18 Desember 2009

Kampas Rem Depan Mio Soul Pakai Jupiter MX

. 18 Desember 2009

Meski masih kategori motor keluaran baru, kadang mencari spare-partnya agak sulit. Bisa jadi stoknya masih terbatas. waktu butuh kampas rem depan Yamaha Mio Soul 2008, di beberapa tempat tak tersedia. Padahal, ya itu skutiknya masih terbilang muda. ”Masak penyebaran onderdilnya masih belum merata ke toko-toko komponen?”. Ia pun penasaran dan bertanya, mungkinkah ada komponen penggantinya yang cocok?


Tenang! Jika mendapat kendala tersebut, jangan keburu demo atau berorasi di depan kantor produsen pembuat motor itu. Mending cari part substitusinya. “Repot amat. Pake punya Yamaha Jupiter MX bisa, kok,” “Bentuk fisiknya lebih tebal sekitar 1 mm dari standarnya (gbr.1). Sedang harganya, Rp 85 ribu. Yah, lebih mahal Rp 5-10 ribu dari milik Soul,”



Untuk cara pasangnya gampang, kok! Karena kampas rem depan MX langsung masuk, tanpa mengubah apapun dan lebih pakem serta jarak main tuas rem juga lebih pendek. Sekarang, yuk praktikkan. Alat bongkar pasangnya; kunci L-8 bintang, tang dan obeng minus (-) beserta kampas rem depan tadi (gbr.2).
Sudah? Sekarang pro¬ses penger¬jaannya. Pertama, lepaskan baut kaliper pakai kun¬ci L-8 bintang dari sokbreker dan cakramnya (gbr.3). Setelah kaliper lepas, dilanjutkan dengan mencabut 2 klip pengunci kampas rem tersebut (gbr.4).

Eit, kampasnya jangan dicopot dulu! Tekan pistonnya ke dalam pada kaliper bersama kampas rem itu pakai obeng minus, baru lepas dari dudukannya. Gunanya, agar lebih memudahkan saat pemasangan ke dalam cakram. Oo.. begitu, toh!

Nah, kalo sudah dilepas, se¬kalian dibersihin agar kinerja pe¬ngereman bisa lebih maksimal. Untuk mengusir debu atau kotoran yang menempel, gunakan kuas kawat kecil atau dicuci air sabun pakai sikat gigi tak terpakai.

Setelah beres, pasang kampas baru berikut peranti pendukungnya. Trus, pompa kembali tuas rem hingga seperti semula. Oh iya, klipnya jangan sampai lupa terpasang. “Kalo lupa, kampas bisa lepas, bahaya tuh!”

sumber: otomotifnet.com

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13