19 Desember 2009

Lampu Headlight

. 19 Desember 2009


Lampu headlight adalah lampu penerangan utama pada kendaraan, baik mobil, motor, truk, bus, dan sebagainya. Pada artikel ini akan dibahas mengenai lampu headlight untuk mobil, khususnya untuk jenis Lampu Halogen.

Lampu kendaraan dengan kualitas rendah banyak dijumpai di toko-toko partshop, yang bisa dilihat dari bentuk fisik maupun merek yang tidak populer. Umumnya produk ini menawarkan besaran watt yang tinggi dan sinar yang lebih terang. Pada prakteknya produk tersebut menghasilkan intensitas cahaya awal yang memang sangat terang, namun umur pakainya sangatlah pendek. Hal ini disebabkan karena kualitas material dan teknologi produksi yang kurang baik. Lebih parah lagi, dikarenakan besaran watt yang sangat tinggi, lampu tersebut mengeluarkan emisi panas yang berlebihan sehingga akan membuat reflektor pada headlight unit menguning, bahkan meleleh dan terbakar.
Untuk mencegah hal tersebut di atas, gunakanlah selalu besaran watt yang dianjurkan pabrik mobil Anda.

Lampu yang baik, adalah yang mempunyai besaran watt standard sesuai ukuran yang dianjurkan pabrik, namun menghasilkan intensitas cahaya yang lebih tinggi dan nyaman untuk berkendara.

Pada artikel yang lain akan dibahas mengenai warna, intensitas yang baik untuk lampu headlight.Jenis-jenis lampu yang digunakan untuk headlight bermacam-macam tergantung pada desain kendaraan tersebut, namun umumnya sekarang hampir seluruh mobil menggunakan lampu berjenis Halogen karena berumur lebih panjang dan lebih terang ketimbang lampu non halogen.

Macam-Macam Lampu untuk Headlight:

Lampu Headlight halogen jenis H1, umumnya digunakan untuk headlight dengan sistem 4 lampu. Dapat digunakan untuk lampu jauh maupun lampu jarak dekat dan lampu kabut (foglamp).


Lampu Headlight Halogen jenis H4, umumnya digunakan untuk sistem 2 lampu. Dalam satu lampu tersebut terdapat dua filamen untuk lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat.

Lampu Headlight jenis H7, umumnya digunakan untuk sistem headlight modern complex-shape. Bisa digunakan untuk lampu jarak jauh maupun untuk lampu jarak dekat.

Lampu Headlight jenis H3, umumnya digunakan untuk lampu jauh dan lampu kabut.

Lampu Headlight jenis HB3, HB4, H10 dan H12 umumnya mempunyai umur pakai lebih lama ketimbang jenis lampu yang lain, karena lebih tahan goncangan dan tahan terhadap pengaruh kelembaban dikarenakan oleh adanya O-ring karet sebagai penyekat/seal.
Selain itu, hasil cahayanya konsisten karena proses produksi lampu tersebut berdasarkan Quality Control ISO 9001 - QS9000.

Lampu Headlight jenis H8, H9 dan H11 hampir sama penjelasannya dengan jenis HB di atas.

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13