24 Desember 2009

Kabar Formula 1 (9)

. 24 Desember 2009

Schumacher Kembali ke F1 Bela Mercedes

Kabar yang ditunggu-tunggu itu akhirnya muncul juga. Kemarin (23/12), Mercedes GP mengumumkan bahwa mereka telah merekrut Michael "Schumi" Schumacher, mengajak sang juara dunia tujuh kali untuk balapan lagi di arena Formula 1. Tidak tanggung-tanggung, Schumi telah sepakat untuk balapan lagi hingga tiga tahun ke depan!

Mulai musim 2010 nanti, Schumi akan menemani Nico Rosberg, tergabung dalam "German Superteam" mencoba merebut sukses tertinggi.

Kabar comeback-nya Schumi ini sebenarnya sudah lama dibicarakan. Sejak Mercedes GP mengambil alih Brawn GP (juara dunia F1 2009), orang sudah mengait-ngaitkan pria 40 tahun itu ke sana. Tinggal menunggu konfirmasi saja.

Semula, orang menduga pengumuman baru akan muncul Januari nanti. Ternyata, kesepakatan didapat lebih cepat dari dugaan. Schumi telah telah terbang ke Inggris (markas tim di Brackley) awal pekan ini untuk meneken kontraknya. Sehingga pengumuman bisa dilakukan sebelum libur Natal dan akhir tahun.

Semula, orang juga menduga Schumi hanya akan meneken kontrak setahun. Ternyata, kontraknya lebih panjang dari itu. Schumi akan terus membalap di Mercedes GP hingga berusia 43 tahun (Januari 2010 nanti dia merayakan ultah ke-41).

"Motivasi (untuk comeback) menurut saya cukup sederhana. Saya langsung merasa nyaman ketika (bos Mercedes GP Ross Brawn) menelepon akhir November lalu, menyebutkan bahwa Mercedes bakal terlibat," tutur Schumi.

"Saya tak pernah meninggalkan arena balapan. Saya merasa lelah dengan F1 pada akhir 2006. Tapi, setelah tiga tahun absen, saya telah mendapatkan lagi segala energi yang sekarang saya rasakan. Saya sudah bermain-main dengan motor, dan sekarang saya siap menjalani sesuatu yang serius lagi," tandasnya.

Balas Budi

Michael Schumacher sempat menyatakan pensiun dari F1 di penghujung 2006. Sejak saat itu, dia melanjutkan hubungan dengan Ferrari, menjadi duta pabrikan Italia tersebut hingga tahun ini. Untuk "menggaruk" rasa gatal balapan, dia terlibat dalam sejumlah balapan go-kart dan motor.

Kesempatan comeback pertama muncul pertengahan musim 2009 lalu. Ketika Felipe Massa mengalami cedera parah, Ferrari meminta Schumi turun sebagai pengganti, dan sang legenda bilang "Ya."

Sayang, masalah kesehatan menghalangi niatan Schumi. Cedera leher yang dia alami saat naik motor di awal tahun terus mengganggu, sehingga dia tidak mungkin bisa balapan di level setinggi F1.

Kontrak Schumi dengan Mercedes, kabarnya, juga bergantung pada kondisi kesehatan. Setelah lolos tes kesehatan (khususnya leher), Schumi pun membubuhkan tanda tangannya pada kontrak Mercedes.

"Sebelum saya benar-benar bilang oke, saya harus memastikan kalau kondisi saya benar-benar oke. Sekarang, saya bisa bilang 100 persen bahwa leher saya tidak punya masalah," ucapnya. "Ketika mencoba (comeback) dengan Ferrari, waktunya terlalu dekat dengan kecelakaan (yang saya alami). Sekarang sudah cukup waktu berlalu. Saya bisa melakukan segala hal yang dulu biasa saya lakukan, tanpa masalah," tutur Schumi.

Dengan comeback ini, bisa dibilang Schumi melakukan "balas budi" pada Mercedes-Benz. Pada 1990, produsen mobil Jerman itu yang mengorbitkan Schumi, memasukkannya dalam program pembalap junior di arena sportscar. Bahkan, Mercedes pula yang memfasilitasi debut Schumi di arena F1, bersama tim Jordan-Ford di Grand Prix Belgia 1991.

Waktu itu, Mercedes membayar USD 150 ribu agar Schumi bisa balapan.

Bukan hanya balas budi, kali ini Schumi langsung pasang target tinggi. "Tim ini telah memenangi semua gelar juara dunia tahun ini. Dengan Mercedes-Benz sebagai partner yang kuat, target kami hanya satu, yaitu berebut gelar juara dunia lagi," ucapnya. "Persaingan bakal sengit, seperti yang sudah kita saksikan. Tapi saya senang bisa terlibat dalam persaingan ini," pungkasnya

0 Komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
ahita.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by MJG Group | dd13